.

Kamis, 26 Maret 2015

Memilih Metode Yang Efektif


Ditulis Oleh : Muhammad Rais Fadillah

Beruntung orang belajar Bahasa Arab di pondok pesantren, biasanya lebih intensif bertemu dengan ustadz, lebih banyak latihan dan praktek. Tapi bagaimanna halnya dengan sebagian kita yang berada diluar pondok pesantren? Apalagi susah didapatkan kursus Bahasa Arab.



Dalam keadaan seperti ini, belajar otodidak bisa mejadi solusi. Namun sebaiknya, meskipun hanya sebatas konsultasi, tetap berguru kepada orang yang lebih mahir. Apalagi jika sudah membuka kitab berbahasa Arab, dalam tahap latihan, janganlah kita menadikan pemahaman kita terhadap suatu kitab itu sebagai acuan keyakinan atau landasan beramal, kecuali setelah menanyakannya kepada yang paham.karena bisa jaadi kita salah dalam memahami maksudnya.

Tentang buku penunjang, sebenarnya,sudah banyak penulis yang menghadirkan berbagai metode untuk memahami Bahasa Arab. Suit untuk dikatakan yang mana yang paling efektif dan mana yang paing mudah, ini sangat relative, dan dimasing masing mempunyai sisi unggul. Kita Al-Jurumiyyah disebut-sebut sebagai kitab standar belajar belajar nahwu. Sisi Inilah yang banyak dibidik oleh para penulis buku metode belajar Bahasa Arab. Buku manapun yang kita pilih sebaiknya, kitalah yang konsisten. Tidak berhenti ketika menemukan titk rumit. Melewatkannya secara sementara lebih baik daripada meninggalkannya secara total. Pada titik tertentu, Insya Allah anda akan mersakan kemudahan tatkala mengulang kemali bagian yang dullu belum dipahami. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Feature 3

Feature 2

Popular Posts