.

Senin, 23 Maret 2015

Kalau Anda Sulit Berbagi

SIAPA yang tidak mau berbagi? Berbagi sangatlah dianjurkan oleh islam. Berbagi tidak hanya diperuntukan oleh orang kaya saja, orang yang tak mampu pun dapat melakukan hal itu.


Banyak sekali keutamaan dalam berbagi, terutama ada banyak sekali hadist dan ayat yang menyarankan seorang muslim untuk berbagi.
Seseorang yang enggan berbagi dapat dikatakan Orang yang bakhil alias kikir memang sangat egois dengan kehidupan sekelilingnya. Sehingga manusia yang memiliki tabiat ini cenderung dan sering diisolasikan oleh masyarakat sekitarnya.
Bahkan Allah sendiri melalui Rasul-Nya telah mengancam mereka yang kikir akan selalu dijauhkan dari sisi-Nya, dari manusia dan surganya Allah. Dan sifat inilah yang pernah menjadi momok menakutkan yang menjadikan mereka orang-orang tempo dulu dimusnahkan dari muka bumi ini.
Pengorbanan diri adalah kebiasaan orang-orang yang memahami keindahan keadilan dan kebenaran iman kepada Allah.
Orang-orang yang mengorbankan jiwa mereka untuk melaksanakan keadilan, cinta dan keharmonisan telah mampu mengawinkan antara akal, cinta, serta kasih sayang.
Pada keadaan inilah manusia akan mencapai puncak mega keindahan, cahaya kebenaran, dan keadilan.”Islam menekankan dan menganjurkan pengorbanan dan kemurahhatian, dengan demikian akan menumbuhkan ikatan cinta dan kasih sayang antara kaya dan miskin bahkan dengan semua lapisan.
Di samping membenci kekikiran, Islam menanamkan akar cinta sebagai simpul dari masyarakat yang berkeadilan. Karenanya Islam melarang dan mengecam mereka yang kaya bersikap acuh tak acuh terhadap orang miskin dan tertindas. Imam Musa al-Kazim salah seorang cucu Rasulullah saww berkata,”Orang yang murah hati dan berakhlak baik selalu berada di bawah lindungan Allah. Allah selalu dekat dengan mereka dan akan membimbing mereka menuju kebahagiaan.
Sifat kikir bagaikan wabah virus yang dapat menggerogoti akhlak dan rohani, sedemikian jahatnya sehingga dapat menumpulkan kemampuan berfikir manusia.
Kekikiran gayung bersambut dengan sifat egois yang berpusat pada cara berpikir materialistik dan penumpukan harta kekayaan. Kunkungan pemikiran materialisme akan menimbulkan kejahatan sosial yang amat dahsyat.
Orang yang dihinggapi penyakit ini berpikiran sempit, terasing dari fakta-fakta sosial dan jauh dari nilai-nilai ahklak dan rohani. Bahayanya kemudian akan menjerumuskan dirinya ke dalam kehinaan, kebencian, dan tindakan amoral lainnya.
Para psikolog melihatnya sebagai akibat dari hantu kemiskinan yang membayangi hidupnya. Ia menderita depresi mental dan kekhawatiran yang mendalam. Harta menjadi penjara baginya, dirinya terasing dengan kesenangan dan ketentraman batin.
Rasulullah SAW bersabda, “Hindarilah kekikiran karena akan menyebabkan kamu binasa dan mengarahkan mereka kepada pertumpahan darah serta menodai kesucian mereka. Islam tidak membenci sesuatu lebih daripada kekikiran.”
Nah, sekarang tunggu apa lagi untuk urusan berbagi..!
Sumber : islampos

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Feature 3

Feature 2

Popular Posts