.

Selasa, 31 Maret 2015

Manusia Tidak Pernah Luput Dari kesalahan






Ditulis Oleh : Muhammad Rais Fadillah


Tidak ada manusia yang suci dan bersih dari kekeliruan terhadap sesame, selain Rasulullah. Wajar saja, karena manusia emang guadangnya salah dan lupa. Baik disengaja maupun tidak, sebagian mereka kerap kali menyakiti perasaan ataupun menzhalimi seseorang.

Meskipun demikian, semua itu tidak akan sampai merusak hubungan apabila setiap kita mudah memaafkan kekeliruaan orang lain. Sungguh mudah memaafkan kealpaan sesama merupakan akhlak mulia insan yang bertakwa. Dan sifat inilah yang merupakan karakter penghui surga.

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”
Q.s Ali Imran : 134

“Jika kamu melahirkan sesuatu kebaikan atau menyembunyikan atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sesungguhnya Allah Maha Pema'af lagi Maha Kuasa”
Q.s An-Nisa : 149

Alangkah beruntungnya hamba Allah yang hatinya mudah memaafkan, tidakmembalas keburukan dengan keburukan. Sebab, tidaklah sama antara kebaikan dan keburukan.

Lantas, mengapa kita masih saja merasa berat unuk memaafkan sesame manusia, padahal Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Memaafkan?



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Feature 3

Feature 2

Popular Posts