.

Selasa, 14 April 2015

Tabayyun Dulu Deh



Tabayyun? Apa itu yah? Itu loh mencari kejelasan tentang sesuatu hingga benar-benar jelas keadaannya. Ketika dulu penulis belum mengenal yang ta’lim,penulis kira tabayyun adalah sejenis makanan hehehe. Tetapi buka makanan yang penulis bahas disini.

Sekarang ini adalah zaman dimana informasi selalu bergerak cepat, maksudnya apa? Berita dari sisi bumi yang satu dapat sampai kebagian bumi yang lain dengan hitungan detik,bahkan kurang dari itu, itulah dampak dari adanya kemajuan teknologi, tapi ketika kita membicarakan sisi positif sesuatu pastilah ada sisi negatifnya, tapi apakah sisi postif yang pang paling banyak atau malah kebalikannya?mari kita simak yuk sobat Cahaya Islam.

Seringkali media massa memberitakan suatu berita tanpa ada unsur tabayyun dulu, jadilah media satu dengan media yang lainnya memberikan keterangan yang berbeda tergantung segi pandang mereka masing masing.yang satu memberikan keterangan “A” dan media yang lainnya adalah “B”, parahnya lagi orang yang masih awam pun mempercayai langsung berita tersebut tanpa ada unsur tabayyun dulu, dan orang awan itupun menyebarluaskan berita itu pula,jadilah siklus masalah berantai yang tidak akan terpecahkan.

Masalah yang ditimbulkan pun bermacam-macam dari menyimpangnya dari fakta yang ada, permusuhan, pertikaian, bahkan smpai pembunuhan,, ih serem. Pertanyaan kepada diri penulis dan sobat Cahaya Islam , Sudahkah anda Tabayyun dengan berita yang ada saat ini atau tidak usah jauh jauh deh, bisakah kita bertabayyun dengan teman sendiri?

Allah befirman :

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.”
Q.s Al-Hujurat : 6

Ditulis oleh : Muhammad Rais Fadillah
 

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Feature 3

Feature 2

Popular Posts