.

Sabtu, 11 April 2015

Buruk Sangka,Menandakan Buruk Juga Akhlakmu



Sudah lazim dikalangan sebagian rakyat Indonesia untuk berburuk sangka, ia keluar tanpa disadari dan diniati, ia bukannya terbetik didalam dada tapi juga bisa diungkapkan, bahkan bukan itu saja ,acara tv di Indonesia menyajikan acara khusus untuk mengadu argument berburuk sangka tersebut. Dengan mudahnya kita temui perbincangan dari kalangan atas hingga bincangan ringan di warung kopi membicarakan orang lain, lebih tepatnya membicarakan kejelekannya orang lain. Rasa untuk mengungkapkan kesalahan dan kebusukan orang lain itulah mereka menjadi puas, sudah barang tentu ini adalah penyakit yang harus segera dihilangkan sampai ke akar-akarnya, tapi bukannya malah dihilangkan ,buruk sangka pun menjamur di sebagian perilaku rakyat Indonesia., padahal buruk sangka itu adalah celaan dan dugaan saja kepada orang lain yang perlu dipertanyakan keabsahannya(kebenarannya).

Apa sih dampaknya? Wah, banyak sekali contohnya saja: saling tidak percaya, saling meragukan, saling membenci, dan akhirnya timbul perpecahan dan permusuhan.

Allah berfirman :
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”

Rasulullah bersabda :
“Jauhilah prasangka buruk, karna prasangka buruk adalah ucapan yang paling dusta, dan janganlah kalian saling mendiamkan, saling mencari kejelekan, saling menipu dalam jual beli, saling mendengki, saling memusuhi dan janganlah kalian saling membelakangi dan jadilah  kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara”
HR. Bukhori


Ditulis oleh : Muhammad Rais Fadillah

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Feature 3

Feature 2

Popular Posts