.

Minggu, 22 Februari 2015

John Lennon, The Beatles, dan Cita-cita Theosofi

SIAPA yang tak kenal The Beatles? Band asal Liverpool ini telah merebut perhatian dunia sejak tahun 1960. Teka teki lirik lagu-lagu The Beatles memang selalu menarik untuk dikupas.

Salah satunya adalah Across The Universe. Lagu yang liris tahun 1969 ini lahir dari meditasi John Lennon pada guru-guru spiritual pada medio 1968-1969. Salah satu liriknya berbunyi:
Jai guru deva om Nothing’s gonna change my world Nothing’s gonna change my world Nothing’s gonna change my world Nothing’s gonna change my world
Lagu ini berawal ketika John Lennon tengah bertengkar dengan istri pertamanya yaitu Cynthia. Akibat pertengkaran itu, Lennon merasa kesal sekali dan tidak dapat tidur bersama istrinya malam itu. Akhirnya ia turun ke lantai bawah rumahnya dan mulai menulis unek-uneknya. Awalnya ia tidak ingin menuliskannya, namun ia merasa tidak tenang jika tidak melakukannya. Akhirnya lennon memutuskan untuk menuliskannya.
Lantas apa arti “Jai Guru Deva Om”? Menurut keterangan Lennon merupakan mantra untuk menenangkan pikiran sampai pada level kesadaran yang lebih tinggi.
Mantra ini berasal dari bahasa sansekerta yang berarti : “Terima Kasih untuk Guru Dev”. Guru Dev adalah guru spiritual The Beatles yang biasa dipanggil Maharishi.
The Beatles bertemu Maharishi di London pada bulan Agustus 1967 hingga akhirnya mereka melakukan perjalanan ke Rishikesh, India pada bulan Februari 1968. Dari lawatan itu, mereka merasa mendapatkan pengalaman spiritual dari Maharishi Mahesh Yogi, yang tidak lain pencetus gerakan Transcendental Meditation yang menjadi subordinat New Age Movement.
Jai guru deva om dalam Bahasa Sansekerta juga berarti sebuah ungkapan Sansekerta yang bemakna sebagai “kemuliaan bagi Sang Pemberi Sinar dalam kegelapan.”Secara garis besar istilah ini juga berarti keagungan bagi Sang Ilahi. Namun makna konsep Ilahi di sini tidak sama dengan Islam.Karena Ilahi yang dimaksud John Lennon adalah Tuhan dalam manifestasi theosofik mengikat satu aliran pada agama tertentu. Cenderung abstrak dan penuh dengan dunia mistik.

Pamor tenar The Beatles akhirnya mengantarkan Across the Universe ke layar lebar pada tahun 2007 dan disutradarai oleh Julie Taymor dibawah bendera jaringan Holywood bernama Columbian Druglord Pictures.
Namun hubungan The Beatles dengan Maharishi ternyata tak bertahan lama. Mereka memutuskan berpisah beberapa tahun kemudian. Kisah perseteruan ini langsung mendapat perhatian publik.
Dalam sebuah acara bincang-bincang bernama THE TONIGHT SHOW STARRING JOHHNY CARSON, Lennon berkata, “Kami percaya kekuatan meditasi, tetapi tidak pada Maharishi dan kelompoknya. Kami berbuat kesalahan. Maharishi hanyalah manusia seperti kita semua.”
Meski putus hubungan, gagasan theosofi itu masih terus melekat dalam diri John Lennon.Banyak orang percaya ajaran Maharishi telah membekas dalam diri Lennon.
The New York Times dan The Independent melaporkan bahwa pengaruh Maharishi, dalam perjalanan The Beatles mengilhami mereka untuk menulis banyak lagu baru.
Pada tahun 1970, The Beatles mengalami perpecahan. John Lennon akhirnya memilih untuk bersolo karir. Di tahun itu juga, dia menulis lagu Imagine.
Dalam lagu ini, John Lennon bercita-cita tentang ketiadaan agama sebagai prasyarat hadirnya dunia yang penuh damai, toleran, dan berada pada jalan menuju satu dunia. Dalam bahasa Freemason akrab disebut dengan New World Order. John Lennon menulis:
Imagine there’s no countries. It isn’t hard to do. Nothing to kill or die for. And no religion too . Imagine all the people. Living life in peace. You may say that I’m a dreamer. But I’m not the only one. I hope someday you’ll join us. And the world will be as one.
Yang artinya: Bayangkan tiada Negara. Tak sukar untuk dilakukan. Tak perlu membunuh atau terbunuh. Dan juga tiada agama. Mungkin kau sebut aku pemimpi. Tetapi aku bukan satu-satunya. Kuharap suatu hari kau bergabung dengan kami. Dan dunia akan menjadi satu.

Sekilas lagu ini seperti kritik John Lennon pada penafsiran agama. Namun di sisi lain John Lennon ingin menyalahkan Agama itu sendiri yang telah menjadi biang pertikaian global. Oleh karenanya gagasan yang ditawarkan Lennon adalah dunia tanpa agama. Dunia yang hanya mengenal spiritualisme tanpa perlu beragama. Layaknya cita-cita pengikut Theosofi.

Sumber : islampos

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Feature 3

Feature 2

Popular Posts